PELAKSANAAN VAKSINASI DI RSUD DR. MOHAMMAD ZYN

By Admin WEB 18 Mei 2021, 08:34:05 WIB Kesehatan
PELAKSANAAN VAKSINASI DI RSUD DR. MOHAMMAD  ZYN

RSUD dr. Mohammad ZYN telah melaksanakan persiapan-persiapan guna pelaksanaan vaksinasi covid-19. Persiapan yang telah dilaksanakan oleh RSUD dr. Mohammad ZYN diantaranya persiapan tempat untuk pelaksanaan vaksin, persiapan berupa pelatihan vaksinasi Covid-19, simulasi pelaksanaan vaksinasi, serta simulasi pcare dummy. Dengan dilaksanakannya pelatihan serta simulasi diharapkan agar dalam pelaksanaan vaksinasi nantinya dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun.

Ketua Panitia Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 RSUD dr. Mohammad ZYN menyampaikan bahwa tujuan dari diadaannya vaksinasi Covid-19 ini adalah untuk menurunkan kesakitan dan kematian akibat Covid-19, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, serta menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi.

 

 

Program vaksinasi Covid-19 telah memasuki tahap kedua. Vaksinasi tahap kedua merupakan upaya lanjutan program vaksinasi Covid-19 yang diberikan terhitung 14 hari sejak diberikannya vaksin tahap pertama. Pemberian vaksin tahap pertama bertujuan untuk mengenalkan vaksin dan kandungan yang ada di dalamnya kepada sistem kekebalan tubuh. Tahap ini dilakukan untuk memicu respon kekebalan awal. Sedangkan tahap kedua bertujuan untuk menguatkan respon imun yang telah terbentuk sebelumnya. Antibodi tersebut baru akan terbentuk optimal 14 - 28 hari setelah suntikan kedua dilakukan. RSUD dr. Mohammad ZYN mendukung pemberian vaksinasi tahap kedua ini.

Prosedur vaksinasi tahap kedua tidak berbeda dengan vaksinasi tahap pertama. Dimana peserta vaksinasi harus melalui serangkaian tahapan meliputi pendaftaran, screening, vaksinasi, dan observasi dengan baik. Screening merupakan tahapan yang wajib dilalui oleh setiap peserta. Peserta yang tidak lolos pada tahapan screening tidak dapat diberikan vaksin atau status vaksinasinya ditunda sampai kondisinya dinyatakan layak untuk menerima vaksin.

Saat ini, vaksinasi masih diprioritaskan untuk nakes. Pasalnya, merekalah yang berhadapan langsung dengan pasien COVID-19 sehingga memiliki risiko tertular yang tinggi.

RSUD dr. Mohammad ZYN pelaksanakan vaksinasi tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 29 Januari sampai 9 Maret 2021,  dan tahap kedua pada tanggal 29 Januari – 9 Maret 2021 pukul 08.00 – 13.00 WIB yang bertempat di Aula RSUD dr. Mohammad ZYN Kabupaten Sampang. Tim vaksinator berjumlah 10 orang yang terdiri dari dokter umum, perawat, dan bidan dengan pesertanya adalah seluruh jajaran pegawai RSUD dr. Mohammad ZYN.

Sasaran jumlah pegawai yang akan di vaksin kurang lebih berjumlah 584 orang. Sedangkan untuk yang sudah diberikan vaksin tahap pertama ini berjumlah 343 orang. Utuk vaksin yang kedua, kurang lebih berjumlah 241orang. Melihat dari tahapan sebelumnya, setelah pemberian vaksin kebanyakan peserta tidak merasakan gejala yang cukup berarti. Rata - rata hanya merasakan mengantuk. Peserta yang telah melaksanakan vaksinasi tahap kedua ini berarti telah dianggap selesai dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan vaksinasi Covid-19. Sebagai buktinya, setiap peserta diberikan sertifikat digital yang dapat diunduh di laman.

Direktur RSUD dr. Mohammad ZYN, dr.Titin Hamidah , M.Kes  menyampaikan kepada seluruh jajaran pegawai RSUD dr. Mohammad ZYN, setelah selesai melaksanakan kegiatan vaksinasi, tidak boleh lalai dalam menerapkan protokol kesehatan dengan menerapakan 5M. Dikarenakan program vaksinasi ini tidak serta merta menjadikan kebal terhadap virus Covid-19. Melainkan sebagai tambahan pelindung diri dalam mengurangi resiko tertular virus Covid-19. Dari seluruh kegiatan vaksinasi ini, diharapkan dapat mendukung upaya pencegahan dan penularan Covid-19 sehingga pandemi ini dapat segera berakhir.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment